Kitab
Al Fiqhul Wadhih Karya Mahmud Yunus rahimahullahu ta'ala :
|
الطهارة
|
يا بني قد عرفت أنك إذا أردت أن تصلي يجب
عليك أن تتوضأ وضوء كاملا ، وهذا الوضوء نوع من الطهارة ، وهناك أنواع أخرى وهي
الغسل والتيمم وإزالة النجاسة ، فالطهارة أربعة أنواع : [1] الوضوء [2] الغسل
[3] التيمم [4] إزالة النجاسة : وقد عرفت أيضا أنك تتوضأ باستعمال الماء ، وذلك
الماء وسيلة من وسائل الطهارة ، فلآن نريد أن نعرف أنواع الماء وأقسامه.
|
[ أنواع الماء ] : والماء الذي يجوز التطهر
به سبعة أنواع : [1] ماء السماء [ المطر ] [2] ماء البحر [3] ماء النهر [4] ماء
البئر [5] ماء العين [6] ماء الثلج [7] ماء البرد.
|
[ أقسام الماء ] : ينقسم الماء إلى أربعة
أقسام : [ الأول ] طاهر في نفسه ، مطهر لغيره غير مكروه استعماله وهو الماء
المطلق ، أي الذي يسمي ماء بلا قيد لازم ، أما ماء الجوز الهندي [ النارجيل ]
فلا يسمي الماء المطلق فهو طاهر في نفسه ، يجوز شربه ، ولكنه غير مطهر لغيره فلا
يجوز التطهر به.
|
[ والثاني ] طاهر في نفسه ، غير مطهر لغيره
، فلا يجوز استعماله في الوضوء والغسل ولا في ازالة النجاسة ، وهو نوعان : [ أ ]
الماء المستعمل في رفع حدث [ أي في الوضوء أو الغسل ] أو في إزالة النجاسة. [ ب
] الماء الذي تغير بمخالط طاهر كماء القهوة أو الشاي.
|
[ والثالث ]
طاهر في نفسه مطهر لغيره مكروه استعماله وهو الماء االمشمس.
|
[ والرابع ]
ماء متنجس فلا يجوز استعماله فى الوضوء أو غيره وهو نوعان :
|
[أ] الماء
القليل الذي حلت فيه نجاسة ، سواء كان متغيرا أم لا.
|
[ب] الماء
الكثير المتغيربنجاسة.
|
والقليل ما كان دون
قلتين والكثير ما بلغ قلتين أو أكثر والقلتان عبارة عن مقدار الماء الذي تسعه
البركة ، طولها ذراع وربع وعرضها وعمقها كذلك ، أو طولها وعرضها وعمقها 60
سنتمترا وهو يساوي 216 لترا من الماء.
|
Thaharah
: Bersuci
|
Wahai anakku, sungguh kamu telah tahu bahwa kamu
apabila ingin melakukan shalat wajib atasmu untuk berwudhu dengan wudhu yang
sempurna dan wudhu ini adalah satu jenis dari bersuci, dan di sana ada
jenis-jenis bersuci yang lain, yaitu : mandi, tayammum dan menghilangkan
najis, Maka bersuci itu ada empat jenis : [1] Berwudhu [2] Mandi [3] Tayammum
[4] Menghilangkan najis, Dan sungguh kamu telah tahu juga bahwa kamu berwudhu
dengan menggunakan air dan air itu adalah sarana dari sarana-sarana bersuci
maka sekarang kami ingin tahu jenis-jenis air dan macam-macamnya.
|
[Jenis-jenis
air] : Dan air yang boleh seorang itu bersuci dengannya ada tujuh jenis,
yaitu : [1] Air langit [hujan] [2] Air laut [3] Air sungai [4] Air sumur [5]
Air dari mata air [6] Air salju [7] Air embun.
|
[Macam-Macam Air] : Air itu terbagi kepada empat macam
[Yang Pertama] Air itu suci pada dzatnya, mensucikan untuk selainnya tidak di
benci menggunakannya, dan dia itu adalah air muthlaq, yaitu air yang di
namakan air bila qaidin lazim, adapun air aljauzul hindi [air kelapa] maka
tidak di namakan air muthlaq, maka dia itu suci pada dzatnya, boleh
meminumnya, akan tetapi dia tidak mensucikan untuk selainnya maka tidak boleh
bersuci dengannya.
|
[Yang Kedua] Air itu suci pada dzatnya, tidak
mensucikan untuk selainnya, maka tidak boleh menggunakannya dalam berwudhu,
dan mandi, dan tidak boleh pula dalam menghilangkan najis, dan air itu ada
dua jenis : [A] Air musta'mal dalam menghilangkan hadas [yaitu dalam berwudhu
atau mandi] atau dalam menghilangkan najis [B] Air yang berubah karena
tercampur benda suci seperti air kopi atau teh.
|
[Yang Ketiga] suci mensucikan dibenci menggunakannya
dan dia adalah air yang dijemur dibawah sinar matahari.
|
[Dan Yang Keempat] air yang terkena najis maka tidak
boleh menggunakannya dalam berwudhu atau selainnya dan dia ada dua jenis :
[a] air yang sedikit yang masuk kedalamnya benda najis, sama saja air itu
berubah atau tidak berubah. [b] air yang banyak yang berubah karena najis.
Dan air yang sedikit adalah air yang kurang dari 2 qullah dan air yang banyak
adalah air yang sampai 2 qullah atau lebih, dan 2 qullah adalah ibarat dari
ukuran air yang luasnya sama dengan sebuah kolam, yang panjangnya 1 lengan ¼
dan lebarnya dan dalamnya demikian juga sama, atau panjangnya dan lebarnya
dan dalamnya 60 cm dan dia sama dengan 216 liter air.
|
الوضوء
|
يا ولدي ، قد عرفت كيفية الوضوء وجميع أعماله
، ولآن نريد أن نعرف أن تلك الأعمال بعضها فروض ، لا يصح الوضوء بتركها وهذه
تسمى الأركان أو الواجبات ، وبعضها غير فروض فيصح الوضوء بتركها ولكن الثواب
الذي تناله من الله أقل ، وهذه تسمى السنن أو المندوبات ؛ الفرض – الركن –
الواجب ؛ السنة – المندوب.
|
فروض الوضوء
|
وفروض الوضوء ستة :
|
[1]: النية ،
فتنوي بقلبك رفع الحدث ، أو تنوى فرض الوضوء طلبا لرضاء الله.
|
[2]: غسل الوجه ، وطوله
من منابت شعر الرأس المعتاد إلى ما تحت مجمع اللحيين ، وعرضه من الأذن اليمنى
إلى الأذن اليسرى.
|
[3]: غسل اليدين مع
المرفقين.
|
[4]: مسح بعض الرأس من
الرأس من بشره أو شعره الذي فى حده.
|
[5]: غسل الرجلين مع
الكعبين.
|
[6]: الترتيب فى أفعال
الوضوء كما ذكرنا.
|
سنن الوضوء
|
وسنن الوضوء إثنتا عشرة : [1]: التسمية
(قراءة بسم الله الرحمن الرحيم). [2]: غسل الكفين إلى الكوعين. [3]: السواك
بأراك أو فرجون أو كل شيئ خشن. [4]: المضمضة وهي إدخال الماء فى الفم. [5]:
الإستنشاق وهو إدخال الماء فى الأنف. [6]: تخليل اللحية الكثة. [7]: مسح جميع
الرأس. [8]: مسح الأذنين بماء جديد. [9]: تخليل أصابع اليدين والرجلين. [10]:
تقديم اليمنى على اليسرى. [11]: تثليث الطهارة. [12]: الموالاة.
|
التي تبطل الوضوء
|
يا بني ؛ إذا توضأت وضوءا كاملا يجوز ذلك أن
تصلى به الصلوات المتعددة ما لم تأت الأمور التي تبطل وضوئك ، والأمور التي
تبطله تسمى نواقض الوضوء.
|
نواقض الوضوء
|
وينقض الوضوء خمسة
أشياء : [1]: خروج شيئ من أحد السبيلين كبول وغائط (براز). [2]: النوم على هيئة
غير المتمكن من الأرض بمقعده أما النوم على هيئة المتمكن فلا يبطل الوضوء. [3]:
زوال العقل بسكر أو مرض أو جنون أو إغماء. [4]: لمس الرجل المرأة الأجنبية من
غير حائل وهو ناقض للامس والملموس ولو كان هناك حائل فلا نقض حينئذ. [5]: مس فرج
الآدمي ببطن الكف ، وهو ناقض للامس دون الملموس.
|
نواقض الوضوء
|
وينقض الوضوء خمسة
أشياء : [1]: خروج شيئ من أحد السبيلين كبول وغائط (براز). [2]: النوم على هيئة
غير المتمكن من الأرض بمقعده أما النوم على هيئة المتمكن فلا يبطل الوضوء. [3]:
زوال العقل بسكر أو مرض أو جنون أو إغماء. [4]: لمس الرجل المرأة الأجنبية من
غير حائل وهو ناقض للامس والملموس ولو كان هناك حائل فلا نقض حينئذ. [5]: مس فرج
الآدمي ببطن الكف ، وهو ناقض للامس دون الملموس.
|
ما يحرم على من بطل
وضوءه
|
إذا انتقض وضوءك حرم
عليك ثلاثة أشياء : [1]: الصلاة. [2]: مس المصحف وحمله. [3]: الطواف بالكعبة.
|
حكمة الوضوء
|
كل من يتوضا يغسل فمه
وأنفه وأذنيه ووجهه ويديه ورجليه فيزيل عن هذه الأعضاء الأقذار والأتربة وغيرها
وبذلك يصبح نظيفا ، ومتى كان الإنسان نظيفا كثر نشاطه ، فزاول أعماله بهمة ، ثم
إنه يطرد عن نفسه بسبب نظافته الذاباب الذي يحمل جراثيم كثيرة من الأمراض فيأمن
على صحته وسلامة جسمه. وعلى الجملة فغسل تلك الأعضاء كل يوم مرات عدة باعث
للنشاط وتجديد الهمة كما أثبته الأطباء ، لهذا يمدح الله المتطهرين حيث يقول :
(إن الله يحب التوابين ويحب المتطهرين) وقد أمرن الله تعالى بالتطهر قبل الصلاة
فقال : [يا أيها الذين آمنوا إذا قمتم إلى الصلاة فاغسلوا وجوهكم وأيديكم إلى
المرافق وامسحو ا برءوسكم وأرجلكم إلى
الكعبين).
|
Wudhu.
|
Wahai anakku, sungguh kamu telah tahu tentang tata cara
wudhu dan semua amalan-amalan wudhu, dan sekarang kami ingin untuk
memberitahu bahwa amalan-amalan itu sebagiannya hukumnya fardhu, tidak sah
wudhu dengan meninggalkannya dan ini dinamakan rukun-rukun wudhu atau
kewajiban-kewajiban wudhu, dan sebagiannya tidak fardhu maka sah wudhu dengan
meninggalkannya akan tetapi pahala yang didapat dari Allah sangat sedikit dan
ini dinamakan sunah-sunah wudhu atau mandub-mandubnya wudhu. Fardhu – sama
dengan rukun – sama dengan wajib. Sunnah – sama dengan mandub.
|
Rukun-Rukun Wudhu
|
Dan rukun-rukun wudhu itu ada enam, yaitu :
|
[1]: Niat, maka kamu berniat dengan hatimu untuk
menghilangkan hadas, atau kamu berniat melakukan kewajiban wudhu karena
mencari keridhoan Allah.
|
[2]: Mencuci wajah, dan panjangnya adalah mulai dari
tempat tumbuhnya rambut kepala yang biasa tumbuh rambut sampai apa yang
dibawah terkumpulnya 2 tulang dagu, dan lebarnya mulai dari telinga yang
kanan sampai telinga yang kiri.
|
[3]: Mencuci kedua tangan bersama dengan kedua
siku-siku.
|
[4]: Mengusap sebagian kepala mulai dari kepalanya atau
rambutnya yang ada didalam cakupannya.
|
[5]: Mencuci kedua kaki bersama kedua mata kaki.
|
[6]: Tertib atau berurutan dalam melakukan
amalan-amalan wudhu sebagaimana yang telah kami sebutkan.
|
Sunah-Sunah Wudhu
|
Dan sunah-sunah wudhu ada 12, yaitu : [1]: Membaca
tasmiyah, yaitu bacaan bismillahir rahmanir rahim. [2]: Mencuci kedua telapak
tangan sampai kedua pergelangan. [3]: Menggosok gigi dengan siwak (kayu sikat
gigi) atau sikat gigi atau segala sesuatu yang kasar. [4]: Berkumur-kumur,
dan dia adalah memasukan air di mulut. [5]: Al-istinsyaq, dan dia adalah
memasukan air di hidung. [6]: Menyela-nyela janggut yang tebal. [7]: Mengusap
seluruh kepala. [8]: Mengusap kedua telingga dengan air yang baru. [9]:
Menyela-nyela jari-jari kedua tangan dan kedua kaki. [10]: Mendahulukan yang
kanan atas yang kiri. [11]: Mentigakalikan membasuh atau mencuci. [12]:
Berurutan.
|
Yang Membatalkan Wudhu
|
Ya anakku ; Apabila kamu berwudhu dengan wudhu yang
sempurna, membolehkan hal itu kamu gunakan melakukan sholat dengan
sholat-sholat yang bermacam-macam selama kamu tidak melakukan perkara-perkara
yang membatalkan wudhumu dan perkara-perkara yang membatalkan wudhu dinamakan
pembatal-pembatal wudhu.
|
Pembatal-Pembatal Wudhu
|
Dan yang membatalkan wudhu ada 5 perkara : [1]: Keluar
sesuatu dari salah satu di antara 2 jalan pembuangan kotoran manusia seperti
kecing (buang air kecil) dan berak (buang air besar). [2]: Tidur diatas
posisi yang tidak tetap dari tanah pada tempat duduknya, Adapun tidur diatas
posisi yang tetap maka tidak batal wudhunya. [3]: Hilang akal karena mabuk
atau sakit atau gila atau pingsan. [4]: Seorang laki-laki menyentuh seorang
wanita yang bukan muhrim dengan tanpa alas (penghalang) maka tidak batal pada
waktu itu dan hal itu membatalkan bagi orang yang menyentuh dan disentuh, dan
seandainya disana ada penghalang maka tidak batal pada waktu itu. [5]:
Menyentuh kemaluan manusia dengan perut telapak tangan dan itu adalah
pembatal bagi orang yang menyentuh bukan orang yang disentuh.
|
Apa yang haram atas orang yang batal wudhunya
|
Apabila batal wudhumu haram atas dirimu 3 perkara :
[1]: Sholat. [2]: Menyentuh mushaf alqur’an dan membawanya. [3]: Thawaf di
ka’bah.
|
Hikmah Wudhu
|
Setiap orang yang berwudhu dia mencuci mulutnya,
hidungnya, kedua telinganya, wajahnya, kedua tangannya dan kedua kakinya maka
hilang dari anggota-anggota badan ini, kotoran-kotoran dan debu-debu dan
selainnya dan dengan wudhu itu menjadi bersih anggota badannya, dan kapan
manusia itu bersih anggota badannya, yaitu ketika dia banyak melakukan wudhu
maka menuntut amalan-amalan manusia tersebut dengan niat, kemudian
sesungguhnya dia membuang dari dirinya dengan sebab kebersihan badannya,
lalat-lalat yang membawa bibit-bibit penyakit maka dia terjaga kesehatannya
dan keselamatan badannya.
|
Dan kesimpulannya : maka mencuci anggota-anggota badan
itu setiap hari beberapa kali itu mendorong untuk giat melakukannya dan memperbaharui
niat sebagaimana telah ditetapkan oleh para dokter, oleh karena ini Allah
memuji orang-orang yang mensucikan diri dimana Allah berfirman :
(Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai
orang-orang yang mensucikan diri) dan sungguh Allah ta’ala memerintahkan kita
untuk bersuci sebelum kita melakukan sholat maka Allah berfirman : (Hai
orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat maka cucilah
wajahmu dan tanganmu sampai siku-siku dan usaplah kepalamu dan cucilah kakimu
sampai dengan kedua mata kaki)
|